Friday, February 3, 2012

Wow! Gedung Pencakar Bumi Pertama Toreh Sejarah Arsitektur

[imagetag]

MEKSIKO - Bagi yang belum pernah mendengar berita ini sama sekali mungkin akan terkejut. Sebab, ini merupakan hal baru yang sama sekali berlawanan dengan tren saat ini, di mana yang sedang marak-maraknya adalah pembangunan pencakar langit skyscaper bukan pencakar bumi earthscraper.

Meksiko mungkin akan membuat sebuah sejarah baru dunia arsitektur dengan membangun gedung pencakar bumi sedalam 300 meter dengan 65 lantai di dalamnya. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh sang arsitek dari BNKR Arquitectura Suarez Esteban.

Tim arsitek yang akan membangun gedung ini adalah BNKR Arquitectura bermitra dengan Esteban Suarez dan Sebastian Suarez. Sementara yang menjadi kepala proyek seluas 775 ribu meter persegi ini adalah Arief Budiman, yang merupakan seoarang warga negara Indonesia, demikian seperti dilansir laman Archdaily, Rabu (18/1/2012).

Gedung tersebut akan dibangun di alun-alun Meksiko City Central Plaza atau yang biasa disebut Zocalo oleh masyarakat setempat. Sesuai desain yang dipublikasikan ke seantero dunia, bangunan tersebut berbentuk piramida terbalik dan akan menerobos bumi dengan rangka bagunan dari baja dan permukaan gedung yang sebagian besar
menggunakan kaca.

Bagian tengahnya dibiarkan kosong supaya sinar matahari dan udara dapat masuk ke dalam bangunan. Rencananya, bangunan ini akan digunakan sebagai superblok (mixed use), dimana di dalmnya akan dibangun museum, perkantoran komersil, residensial, dan pusat perbelanjaan.

Gedung yang menyerupai piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai dari bawah tanah. Sebanyak 35 lantai paling ujung atau paling dalam dari gedung ini akan dijadikan pusat perkantoran. Sebanyak 10 lantai di atas area perkantoran adalah tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat
perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.

Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Sehingga di dalam bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas. Di tengah persegi tersebut tak lupa ditancapkan pula bendera nasional Meksiko.
(rhs)

[imagetag]

Sigit Priambodo 03 Feb, 2012

Sparks 03 Feb, 2012


-
Source: http://hornyberat.blogspot.com/2012/02/wow-gedung-pencakar-bumi-pertama-toreh.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment